Episode Detektif Conan yang ‘Memorable’

Sudah 72 komik terbit dengan judul Meitantei Conan di Jepang sana, penuh dengan kasus kriminal. ratusan… tapi dari sekian banyak kasus itu selalu ada beberapa kasus yang cukup menarik dan selalu diingat. Dalam post ini aku mau menulis sejumlah file/case yang cukup memorable buatku secara pribadi, memorable beda lho sama penting, ada juga kasus yang penting tapi kesan memorable selain karena ‘penting’nya itu aku kurang dapat. Well, here we go!

1. Kasus Pengeboman Tokyo Tower (Volume 36-37)
Police Bombing CaseKasus ini heartbeating banget. Banyak kenangannya, high thriller ditambah teka-teki kompleks, terasa sekali seluruh Jepang ada dalam bahaya besar. Kondisi realistis ketika goncangan lift mengakibatkan tuas air raksanya aktif (biasanya kan kalau memang benar-benar menjaga tokoh dari kematian, akan ada keberuntungan yang mengakibatkan bomnya berpotensi lebih kecil untuk meledak tanpa sengaja) .

Yang jadi penarik utama lain adalah romance yang cukup serius antara Miwako dan Takagi di file ini. bagaimana Miwako masih tidak dapat melupakan Matsuda Jinpei serta masa lalu yang ‘sweet sour’.

Kasus ini juga nyaris membunuh Conan karena untuk mengetahui lokasi bom selanjutnya dia harus membiarkan bom itu meledak dengan berada di samping bom untuk membaca lokasinya. Dan di sini, Takagi benar-benar memperlihatkan kecurigannya pada Conan(yang sayangnya tidak lagi ditunjukkan di file-file selanjutnya)  dengan bertanya ‘siapa kau sebenarnya?’ yang kemudian di jawab Conan, ‘akan ku beritahu di alam sana’.

2. Kasus Golden Apple (Volume 34-35)
Kasus ini jadi menarik karena tokoh serta lokasi. Shinichi, Ran dan Yukiko yang sedang berada di Los Angeles, diawali ingatan Ran di Golden Gate–bagus bener gambarnya, dan kata-kata yang bikin merinding dari Ran bersamaan dengan gambar itu ‘kesal, tapi senang…’.

After all, bagian yang paling kusukai bisa jadi hanya di volume 34 karena isinya kereen banget. Yukiko ngebut di Golden Gate, tindakan Shinichi buat menjaga keselamatan akibat gaya sentrifugal, Broadway(teater Golden Apple), Sharon yang buka penyamaran di depan umum, kata-kata yang dalam, all of it. Sedangkan kasusunya (di volume 35) setuju dengan pendapat Shinichi, cukup menyebalkan. Di bagian akhir, muncul sekeping informasi tentang Shuichi Akai (saat itu masih kasus keberadaan Vermouth).

3. Kasus Pulau Bikuni (Volume 28)
Panah DuyungMenarik karena di sini Heiji dan kazuha sempat meregang nyawa. Mereka tergantung di jurang dengan kemungkinan jatuh yang besar sekali. Tapi secara ajaib akhirnya bisa selamat. Di sini juga muncul nama asli Ai Haibara dalam buku  orang-orang yang mendapatkan panah duyung. Selain itu, kasus ini kompleks dan luar biasa dengan penyamaran si pelaku yang ‘niat banget’. Kasus yang cukup menyedihkan (menurutku setara dengan kasus Moonlight Sonata).

4. Kasus Rumah Senja (Volume 30)

Kasus Rumah Senja

Kasus Rumah Senja

Di sini 7 orang Detektif di Jepang berkumpul, ada Saguru Hakuba di sini, selain itu juga sejumlah detektif dengan karakter menarik muncul, seperti Detektif Harufumi Mogi yang dandy (pasti mirip entah detektif di novel mana) dan Detektif Senma yang mirip dengan Miss Marple. Kasus ini baru diketahui bahwa ada hubungannya dengan Kaito Kid di chapter kedua kasus. Cara membalut ceritanya menarik, ditambah lagi dengan drama detektif yang benar-benar terasa menyenangkan ditonton. Kemunculan Kaito Kid yang tidak terduga pun menutup kasus ini dengan baik ditambah rahasia sebenarnya dari rumah Senja.

Ini detektif-detektifnya:
Detektif-Detektif di Kasus Rumah Senja

5. Kasus Black Pearl (Volume 16)
Black Pearl(kalo ngga salah yaa, itu nama kasusnya) kemuculan pertama Spirit Aoyama Gosho yakni Kaito Kid di Detective Conan. Di sini muncul juga Kaito Kuroba (Kid) dan Aoko Nakamori (mirip2 kayak Ran laah). Selain itu kasus ini menjelaskan Kaito Kid dengan cara yang lebih objektif dan informatif. keren lah pokoknya!

6.Kasus Haido City Hotel (Volume 26)
Kasus ini terjadi ketika Shinichi akan melamar Ran. Atmosfer kasusnya terasa dewasa sekali (dengan fan service adegan kissingnya) tapi setelah pembaca di bawa ke ketertarikan tertinggi dengan kemungkinan Shinichi melamar Ran, pembaca kemudian lagi-lagi jatuh berdebam ke jurang dengan melihat akhir dari cerita ini. Di tambah dengan sedikit hubungan masa lalu kasus ini dan semua orang yang ada di sana (munculnya ingatan Yusaku dan Yukiko). Kasus ini sangat mengesankan. Elegan.

7. Kasus Ruang tertutup di udara (Volume 21)
Ini sih sebutakanku sendiri ya… Kasus yang terjadi di dalam perjalanan Ran dan Shinichi ke New York (dalam bentuk flashback dalam mimpi Ran). Kasus ini terasa sekali ‘masa lalunya’ dan fresh nya keberadaan Shinichi. Situasi saat itu terasa sekali (Animenya pun begitu) bisa tersampaikan pada pembaca. Bagaimana tokoh Shinichi kemudian menangkap hati pembaca dalam bentuk dirinya yang asli dengan sifatnya yang masih naif. The real Shinichi Kudo (tanpa acara kasih petunjuk main-main ala Conan).

8. Volume 14 (ngga tau nama kasusnya)
Kasus kemunculan kedua dari Yukiko dan Yusaku secara mengejutkan. Kasusnya sendiri biasa saja, tapi kemunculan Yusaku dan analisisnya yang jauh lebih lengkap membuat Shinichi jadi terlihat muda dan amatir😀 di tambah kata-kata yang cukup dalam dari Yusaku juga.

Well, kayaknya untuk sementara itu aja. Soalnya cuma itu yang kuingat, berarti itu yang most memorable kan?😀

Ntar gambarnya ditambahin lagi deh…

4 thoughts on “Episode Detektif Conan yang ‘Memorable’

  1. min,kid muncul pertama kali di episode berapa? trus kid tau conan itu sinichi dari mana? apa si hubungan kid sama sinichi sebenernya? hehehehe salam kenal min😀

    • kalo di komik sih kid mucul di volume 16 tapi kalo di anime…. lupa!

      kalo di anime ceritanya kid tau conan itu shinichi pas di movie yang ke 3 (jadi diterusin buat di anime nya) tapi kalo di manganya kid nggak tahu. cuma dia ngakuin sebagai saingan lah.

      yoo, salam kenal juga😀

    • wah kurang tau, karena selama kalau yang anime taunya nonton aja. Tapi kalau anime biasanaya susunannya nggak persis kaya di komik. agak telatan rasanya keluarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s