Hak untuk Diam

kalau suka nonton CSI atau film hollywood apapun yang ada polisinya, yang mana polisinya suka nangkepin orang, biasanya familiar dengan kata-kata ini:

You have the rights to remain silent. Anything you say can will be used against you in a court of law.

Atau dalam bahasa

Anda berhak untuk diam. Apapun yang anda katakan dapat digunakan untuk melawan anda di pengadilan.

Rasanya sih artinya gitu, hehe. Ada yang tau ini namanya apa? Ini disebut sebagai Miranda’s rights atau Miranda’s warning. Eit’s bukan Miranda Cosgrove yang itu.

Kita sering banget denger ini dipakai, tapi jarang ada yang tahu apa namanya. Gambar yang bisa dilihat dengan dua presepsi itu pun, kita sering lihat, tapi nggak tahu namanya kan? Nah! Saya tau, tapi lupa… :p. I will find about it later.

Jadi, Miranda’s rights itu adalah hak yang diberikan buat tersangka pelaku kriminal. Hak ini  memang kadang terdengar seperti hukuman untuk tidak boleh bicara, tapi sebenarnya hak ini memberikan pengamanan kepada tersangka agar tersangka tidak memberatkan dirinya sendiri dalam suatu kasus. Jika polisi tidak memberikan hal ini pada tersangka, tersangka tadi bisa diinterogasi namun Miranda’s Rights nya akan tetap diberikan, yakni keterangannya pada saat interogasi tidak akan digunakan di pengadilan.

Miranda’s right pertama kali di Amerika, muncul pada saat ada seorang tersangka wanita bernama Miranda pada saat itu ditangkap karena kasus penculikan dan pemerkosaan. Pada saat ditangkap itu, hak-haknya dilanggar oleh polisi (saat itu di Arizona). Karena itulah pengadilan membuat aturan terkait penangkapan tersangka.

Saya sendiri, sebenarnya tau hal ini dari nonton film detektif cewek itu… yang sama anak kecil. Saya lupa judulnya. Ntar deh saya cari. tapi tentang Miranda’s rights sendiri, saya googling dan dapet di wikipedia juga, for further reading, di sini.

 

One thought on “Hak untuk Diam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s