menulis, kemudian didengar

contohnya, yang mudah aja, Raditya Dika. Penulis komedi ini, setelah menjadi penulis bestseller, kemudian dikenal sebagai seorang anak muda yang berprestasi. Setelah itu di diundang talkshow, pertama-tama sih tentu aja soal tulisannya, lama-kelamaan dia jadi pembicara workshop tentang blogging atau penulisan. Kemudian kenal ‘orang-orang’, lalu sekarang dia malah ngobrol-ngobrol soal politik di Provocative Proactive di MetroTV setiap malam Jumat.

See? Dulu dia menulis soal kolor bokapnya sekarang dia dibayar buat ngomongin masalah pluralisme.

Bukannya tanpa latar belakang sih, dia memang mahasiswa UI Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dulu juga pernah kuliah Bisnis di Adelaide. Secara akademik, cocok aja.

Poin yang saya tandai, he starts on writing. whatever it is, tapi kemudian dia menarik perhatian orang terhadapnya. dari situ, dia berangkat ke sesuatu yang jauh lebih.

Tidak hanya dia sebenarnya, masih banyak yang lain. Alanda Kariza misalnya. Muda, berbakat, aktivis. Dia juga menulis.

Selain mereka yang berbatu loncat di menulis, ada juga mereka yang jadi terkenal memang karena tulisannya. Misalnya saja Goenwan Mohamad penulis Catatan Pinggir di Tempo. Tulisannya cenderung santai dan terkesan penuh dengan tokoh-tokoh di masa lain (seperti tokoh perwayangan, cendikiawan, tokoh abad pertengahan, pemimpin-pemimpin negara), berbau sosiologi dan filsafat banget. Biasanya, itu bisa jadi sesuai sekali dengan perbandingan dengan hal yang terjadi di Indonesia. Selain itu juga banyak pelajaran yang bisa diambil dari tulisan seseorang yang seakan sedang melamun, menerawang dari berbagai sudut pandang.

Atau Samuel Mulia yang menulis kolom Parodi di Kompas setiap hari Minggu. Tulisannya tentang hal-hal kecil di keseharian kita (saya suka sekali jenis detil seperti ini). Sayangnya saya sudah lama sekali nggak baca koran😦. habis searching, tadi baru baca yang judulnya Asmaranada. Bagus deh!

Orang-orang inilah, yang saya kagumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s